Mengupas Keindahan Alam Tersembunyi dari Sanghyang Heuleut Bandung

Mengupas Keindahan Alam Tersembunyi dari Sanghyang Heuleut Bandung

Bandung menjadi salah satu kota yang selalu ramai dipadati wisawatan, terutama pada saat liburan tiba. Hal tersebut dikarenakan Bandung memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah dari sekian banyak objek wisata Bandung, kita akan membahas mengenai Sanghyang Heuleut. Dari Namanya saja sudah terlihat unik bukan? Sanghyang Heuleut sendiri merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Bandung. Di tempat ini, kamu bisa menghilangkan rasa penat sehabis melakukan rutinitas yang padat. Tempat wisata yang satu ini cocok sekali dikunjungi bersama teman-teman maupun keluarga. Untuk lebih jelasnya ada pada pembahasan berikut.

Mengenal Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau dengan air bewarna biru kehijauan yang dikelilingi bebatuan besar. Konon katanya danau ini pernah menjadi tempat mandinya para bidadari kahyangan. Nama Sanghyang Heuleut sendiri diambil dari kata “sanghyang” yang artinya sesuatu yang dianggap suci dan “heuleut” yang artinya selang antara dua waktu. Terdapat mitos lain yang menyebutkan bahwa Sanghyang Heuleut merupakan danau purba hasil letusan Gunung Api Purba yang bernama Gunung Sunda. Di danau ini juga terdapat aliran air terjun kecil yang mengalir dari sungai Citarum purba.

READ  Tempat Wisata Di Tana Toraja Yang Mengagumkan

Daya Tarik Dari Sanghyang Heuleut
Soal kesegaran airnya, tidak perlu diragukan lagi sebab air yang mengalir di danau ini begitu segar dan bewarna biru jernih.Pemandangan yang tercipta disini juga benar-benar mempesona deh! Ditambah dengan kehadiran goa purbakala tersembunyi yang bernama Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Bentuk goa ini seperti sebuah celah yang terhimpit tebing yang tinggi. Nah berbicara soal kondisi alamnya, Sanghyang Heuleut masih benar-benar alami sehingga kondisi udaranya begitu sejuk. Tempat ini juga dikelilingi banyak pepohonan rindang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan
Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini. Mulai dari duduk bersantai sambil menikmati pesona alam Sanghyang Heuleut, bermain air, hingga berenang di danau cantik ini. Nah bagi yang ingin memacu adrenalin, cobalah ssensasi lompat dari atas bebatuan ke aliran danau purba ini. Dijamin deh kamu bakal ngerasain kesegaran yang luar biasa dari danau ini. Nah jangan lupa juga untuk mengabadikan momen seru berlibur ke Sanghyang Heuleut dengan berfoto di titik spot foto yang instagramable.

Fasilitas yang Ada di Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut belum memiliki yang memadai seperti mushola ataupun toilet. Namun di sekitar tempat wisata ini kamu bisa menemukan warung-warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman.

Lokasi Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut berlokasi di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Letak wisata yang satu ini juga berada di perbatasan antara Bandung Barat dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur. Jika dari pusat kota Bandung, perjalanan bisa ditempuh dengan jarak sekitar 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Ke Sanghyang Heuleut
Untuk bisa menikmati keindahan alam Sanghyang Heuleut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Ditambah lagi dengan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp10.000 untuk kendaraan roda 4. Nah disini kamu juga bisa menyewa pelampung dengan tarif Rp20.000.

Demikian pembahasan menarik seputar objek wisata Sanghyang Heuleut Bandung. Bagaimana?Tertarik berkunjung kesini? Jika iya, yuk segera rencanakan liburanmu berkunjung ke Sanghyang Heuleut!

Tahukah kamu ada banyak wisata di Yogyakarta yang lebih menarik ? Coba kunjungi website wisataasyik untuk informasi lengkapnya ya.

You May Also Like

About the Author: Creator